Rabu, 15 Februari 2012

LAYANAN INTERNET (ARNA)

  Powered by Translate

Layanan-LayaNan di inTeRnet…


1. FASILITAS/LAYANAN PADA INTERNET
a. BROWSING/SURFING :
sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.comwww.rotten. com, www.invir.comwww.puspendik.comwww.plasa.com,www.geocities.comwww.yahoo.com
b. EMAIL (Electronic Mail)
sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll.
c. MAILING LIST
sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota shg mendapatkan informasi.
Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com
d. INTER RELAY CHAT (CHATTING)
adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
e. NEWSGROUP
adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps
f. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
g. TELECONFERENCE
adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.
h. INTERNET TELEPHONY
yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.
i . INTERNET FAX
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.
2. MANFAAT INTERNET
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: (1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. (2) Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
sumber : (mulyadi.com)
3. layanan internet sesuai content
  • Web DevelopmenteCommerceWeb DesignTujuan kami adalah menerjemahkan bisnis anda ke World Wide Web atau Internet.Ada 5 hal yang kami perhatikan yaitu :
    - Functionality
    - Image
    - Budget
    - Scalability
    - Cutting Edge Technology
    Hal-hal tersebut akan menjadi acuan bagi kami untuk meramu bisnis anda di Internet secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Kami pastikan anda mendapatkan yang terbaik baik dari sisi harga, arsitektur informasi, grafis yang sesuai dengan bisnis dan konsumen anda maupun teknologi.

    Ketika anda ingin menjual, satu atau dua item barang atau membutuhkan katalog besar yang dapat di update secara online. KAWATAMA memberikan solusi komplit, dapat dikustomisasi, serta aman. Sistem e-commerce online kami sudah termasuk shopping cart, serta dapat diintegrasikan dengan sistem baru atau sistem yang sudah ada terlebih dulu.
  • Portal Development Portal desain KAWATAMA menggunakan sistem modular yang bersifat pluggable modules , sehingga memudahkan dalam hal kreasi konten dan manajemen. Untuk pengelola portal disediakan API yang bersifat friendly- user sehingga memudahkan dalam hal pengelolaan dan pemeliharaan. Untuk skalabilitas, portal desain KAWATAMA mendukung perubahan platfom atau penambahan perangkat yang tidak berdampak pada sistem sehingga harus dikompilasi ulang. Dan dari sisi reliabilitas, portal yang dikembangkan dapat beroperasi secara terus menerus selama 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun.
  • Software DevelopmentKAWATAMA berpengalaman dalam merancang dan mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang inovatif. Solusi KAWATAMA mencakup pengembangan aplikasi baru, kastemisasi aplikasi, pemeliharaan aplikasi, dan rekayasa ulang aplikasi. KAWATAMA mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, AJAX, CSS, XHTML dan Delphi. KAWATAMA juga berpengalaman dalam pemanfaatan RDBMS, dan pengembangan aplikasi dengan platform Windows dan UNIX/Linux.Beberapa hal yang kami perhatikan dalam Software Development ini adalah :
    - Easy of use
    - Lifetime Warranty
    - Scalability
    - Complete Solution
    - Attractive User Interface
    - Independent Documentation and User manual
  • Network DevelopmentKAWATAMA berpengalaman dalam menyediakan solusi integrasi, instalasi, testing dan layanan training untuk implementasi dari perencanaan network anda. Solusi kami dapat meliputi hardware, software, maupun evaluasi atau saran terhadap penggunaan koneksi jaringan dari pihak penyedia layanan internet (ISP).
sumber : google.com

4. Situs Lowongan Kerja

Mari kita lihat, situs-situs yang memasang lowongan kerja yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di internet.
Menariknya, disamping situs-situs yang dikelola oleh pihak swasta baik dalam maupun luar negeri, beberapa situs pemerintah pun bisa diandalkan untuk pencarian lowongan kerja di internet.
*Ekarir.com
http://www.ekarir.com/
pada situs ekarir ini, anda dapat melihat daftar lowongan yang terbuka dan tersimpan di dalam database mereka. Beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan adalah melengkapi resume anda di situs mereka untuk di simpan ke dalam database, dan alert service. Alert service adalah layanan pemberitahuan kepada anggotanya jika terdapat lowongan yang sedang diincar sedang dibuka.
*Depnakertrans Propinsi Jawa Tengah
http://www.disnakertrans-jateng.go.id/
pada saat situs ini penulis kunjungi khususnya untuk penulisan buku ini, data-data yang ditampilkan lumayan uptodate, selain lowongan yang tersedia, anda juga bisa melihat beberapa informasi lainnya seperti undang-undang ketenagakerjaan, magang, pendidikan, beberapa program pemerintah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan di propinsi Jawa Tengah.
*Bursa Lowongan Kerja dan Bisnis
http://bursa.lowongan.net/
Bursa lowongan yang dikelola oleh situs ini didistribusikan melalui e-mail. Bagi anda yang berminat untuk mendapatkan informasi tentang lowongan yang sedang terbuka dengan layanan mereka, anda dapat mengirimkan sebuah email kosong ke bursa-subscribe@lowongan.net untuk melakukan proses pendaftaran ke mailing list mereka.
Setelah proses pendaftaran dilaksanakan, maka informasi lowongan akan dikirimkan ke e-mail anda secara otomatis melalui sistem yang ada pada situs tersebut.
*Informasi kerja
http://www.informasikerja.com/
Seperti situs lowongan pada umumnya, situs ini menyediakan tiga layanan utama, yaitu pelayanan untuk para pelamar kerja, perusahaan yang membuka lowongan kerja, serta layanan pencarian lowongan kerja dan kandidat. Keberadaan Informasi Kerja tidak lepas dari harian Kompas, karena memang merupakan dukungan khusus dari harian tersebut untuk masalah informasi kerja.
*Jobs DB, Interactive Recruitment Network
http://www.jobsdb.com/
Perusahaan ini memiliki layanan yang mencakupi beberapa negara, dan hampir seluruh negara di asia tenggara. Untuk di Indonesia, sudah terdaftar paling tidak sekitar 4.000 lowongan yang pernah mereka kelola dan sampaikan di internet. Jika anda tertarik terhadap lowongan yang mereka sampaikan, anda dapat langsung mendaftarkan diri pada situs tersebut, karena resume anda dapat disimpan langsung di server mereka. Jika anda mau, anda pun dapat memilih pekerjaan yang ada di luar negeri.
*Karir.com –Unfolding Opportunities
http://www.karir.com/
Layanan dari karir.com ini termasuk yang banyak di gunakan di internet. Layanan tambahan mereka juga berupa pemberitahuan melalui SMS.
*Jobstreet.com – Indonesia
http://www.jobstreet.com/
Layanan mereka mencakupi negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Meskipun demikian, bahasa pengantar yang digunakan umumnya adalah bahasa Indonesia. Resume anda dapat disimpan di dalam database mereka, sedangkan pemberitahuan disampaikan melalui e-mail, dan berdasarkan informasi yang mereka sampaikan, kerahasisaan data pelamar dijaga oleh mereka.
*Lowongan.info – Jobsite for all industries
http://www.lowongan.info/
Situs ini ditujukan untuk semua industri dan fungsi kerja yang ada. Bagi para pencari kerja maupun mereka yang menginginkan mencari pekerja, diharuskan terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri sebelum mengakses layanan yang mereka sediakan.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar